01 August 2007

Lagu/Koor "Jalo Ma"

By: B. Marada Hutagalung, S.Th


Saya lahir di Tarutung, 10 Juli 1981. Saya sudah lama menciptakan/mengaransemen lagu sekalipun dalam tingkat lokal. Saya memang belum pernah mengikuti perlombaan, tetapi prestasi saya adalah bagaimana lagu saya dinyanyikan oleh orang untuk memuji Tuhan; sekalian untuk menghibur dan memotivasi para pencipta lagu lainnya untuk memuji Tuhan Yesus Kristus melalui talenta mereka masing-masing. Salah satu contoh lagu saya, saudara/i dapat melihatnya di bawah ini.
Lagu ini saya persembahkan buat kawan-kawan yang berminat....
Lagu ini diciptakan pada tanggl 05 April 2004, di Tarutung.
Lagu saya rencanakan akan dinyanyikan di Gereja Kristen Protestan Indonesia (GKPI) Simorangkir, Ressort Hutagalung, Tapanuli Utara. Ternyata lagu ini malah lebih dahulu di gereja lain. Lagu ini sudah menyebar, dan mungkin menyebar di daerah Sumatera Utara.
UPDATE : Lagu ini telah direvisi, klik di http://maradahtgalung.blogspot.com/2009/03/lagu-koor-jalo-ma-revisi-2009.html

Lagu ini menggunakan bahasa Batak Toba dengan nuansa musik Mandarin. Namun sekalipun lagu ini bernuansa Mandarin bukan berarti saya mencuri lagu Mandarin, melainkan saya hanya mengadopsi model nuansa musiknya saja dengan menggunakan nada pelog (5 nada).

Saya menggunakan nada nuansa Mandarin adalah bertujuan untuk mengkontekstualisasikan nyanyian pujian bahasa Batak Toba ke dalam musik Mandarin, agar membuat para paduan suara atau pendengar ingin menyanyikannya dan bisa terhibur sekaligus memuji Tuhan.

Menurut saya lagu ini perlu diperbaharui lagi. Akhirnya, pada tempat yang sama, tanggal 23/24 Juli 2007, saya kembali merevisi lagu ini. Namun saya hanya merivis lirik syairnya. Sedangkan Notasinya tetap dinyanyikan seperti biasa.

Bagi para peminat, boleh mengambilnya. Saya sangat senang jika ada yang ingin mengaransemennya, merekamnya, atau menerjemahkan syairnya ke bahasa lain. Akan tetapi, mohon nama pencipta lagu ini (B. Marada Hutagalung,S.Th) tetap digunakan karena sebelum saya masuk dan mendaftar ke hompage ini lagu ini sudah menyebar.

Jika anda ingin mengomentari (kritik/saran/pendapat) tentang lagu ini saudara/i dapat menghubungi saya ke :
E-Mail : marada_gv@yahoo.co.id

UPDATE : Lagu ini telah direvisi, klik di http://maradahtgalung.blogspot.com/2009/03/lagu-koor-jalo-ma-revisi-2009.html

THANKS, SEMOGA KALIAN BERMINAT, dan TUHAN YESUS MEMBERKATI SAUDARA/I...!
NB. : Hi my friends be loved from other country (state), if You interest, take it. And If you wanted to arranging/translating the song, I hope
use my name (B. Marada Hutagalung, S.Th) as creator, please. Thanks....!

Comments
0 Comments
No comments:
Write Isi Komentar Baru

Mohon komentarnya dengan tidak memuat komentar yang berunsur SARA, Pornografi dan hal-hal yang tidak sesusai dengan aturan/norma yang berlaku. Terima kasih dan salam sejahtera.


Pengunjung

Flag Counter