12 April 2008

Bahan Ajaran PAK-1 : “DEFENISI SEORANG MURID KRISTUS”

DEFENISI SEORANG MURID KRISTUS
Orang yang bersedia menjadi pengikut Kristus dinamakan sebagai orang Kristen. Menjadi pengikut Kristus, tidaklah cukup hanya terdaftar sebagai anggota gereja, tetapi lebih dari pada itu, seorang pengikut Kristus harus dapat mengikuti perilaku dan tindakan Kristus. Agar seseorang dapat berperilaku dan bertindak sebagaimana adanya Kristus, tentulah ia juga harus belajar sendiri dari Kristus dan mau menjadi murid Kristus. Banyak orang Kristen mengaku sebagai murid Kristus hanya dengan mulut tetapi dalam pergaulan sehari-hari dalam lingkungannya tidak berperilaku dan bertindak seperti Kristus.
1. Arti seorang Murid Kristus
Joko Suprianto merupakan salah satu pebulutangkis Indonesia yang telah terkenal dan telah beberapa kali mendapat gelar juara baik nasional maupun internasional. Pada tahun 2004, ia menjadi pelatnas untuk pertandingan piala Thomas Cup 2004. ia dipercaya untuk melatih seorang pebulutangkis yang muda. Dengan demikian Joko Suprianto sangat berharap bahwa anak muda yang dilatihnya akan menjadi seorang pebulutangkis seperti dirinya. Untuk ia harus dapat menunjukkan bagaimana menjadi pebulutangkis yang baik. Agar anak muda itu berhasil maka ia harus mengikuti apa yang diperintahkan oleh sang pelatih baik secara perkataan maupun berperilaku.
Demikian halnya dengan Tuhan Yesus, yang telah memilih dua belas orang untuk menjadi murid-Nya. Dan tentunya mereka harus mentaati apa yang diperintahakn dan apa yang merupakan perilaku ataupun tindakan Tuhan Yesus. Kendati demikan, ternyata salah satu dari murid-Nya telah menghianati Tuhan Yesus. Seorang murid Kristus dapat didefenisikan sebagai seseorang yang bersedia mendengar dan melakukan segala sesuatu yang telah dikatakan oleh Kristus (Luk 8:21). Mendengar dan melakukan harus seimbang, sebab jika hanya mendengar tanpa melakukan itu sama dengan orang yang besar telinga, sebaliknya jika hanya melakukan tanpa mau mendengar berarti dia bertindak tanpa tujuan dan itu akan segera menjadi kering.
2. Arti Panggilan dan Tanggung Jawab Murid Kristus
Panggilan adalah ajakan yang dijawab dengan komitmen (janji) seseorang untuk tetap berjalan dan melakukan apa yang diharapkan oleh orang yang memanggilnya. Panggilan murid Kristus berarti suatu janji seorang murid Kristus untuk berjalan dan melakukan apa yang diharapkan oleh Kristus dalam diri seseorang. Kita telah dipanggil dari dunia ini untuk menjadi murid Kristus, menjadi imamat yang rajani dan menjadi saksi dalam lingkungan di mana kita berada.
Dalam Ef 4:1-6,12-16, Paulus menuliskan beberapa nasehat agar jemaat yang telah dipanggil keluar, menjadi subah jemaat yang mempunyai kehidupan yang berpadanan dengan panggilan mereka. Nasehat dan tanggung jawab tersebut adalah menunjukkan kerendahan hati, kelemahlembutan, kesabaran, dan saling mengasihi. Keempat hal ini diharapkan dapat mereka terapkan kepada setiap jemaat dan lingkungan mereka. Paulus juga menekankan agar jemaat di Efesus mau terus belajar (menjadi murid) dengan bantuan Roh Kudus sampai jemaat mencapai kedewasaan yang penuh.
Dari surat Paulus di atas, terlihat bahwa seorang murid Kristus harus dapat menjadi saksi dan menjadi berkat bagi lingkungannya dimanapun berada. Menjadi murid Kristus diharapkan dapat menunjukkan identitas diri sebagai orang Kristen melalui perbuatan-perbuatan dan perkataan-perkataan yang dikehendaki oleh Tuhan. Di samping itu, seorang murid Kristus harus dapat menjadi garan dan terang dunia (Mat13:16).

Comments
0 Comments
No comments:
Write Isi Komentar Baru

Mohon komentarnya dengan tidak memuat komentar yang berunsur SARA, Pornografi dan hal-hal yang tidak sesusai dengan aturan/norma yang berlaku. Terima kasih dan salam sejahtera.


Pengunjung

Flag Counter