20 June 2024

Apakah Arti Kristen? Apakah Katolik juga Kristen?


Apakah Arti Kristen? Apakah Katolik juga Kristen?

Kata Kristen ada sebanyak 3 (tiga) kali disebut di dalam Alkitab, yakni: 
  • Kisah Para Rasul 11:26 "Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen"
  • Kisah Para Rasul 26:28 "Jawab Agripa: “Hampir-hampir saja kau yakinkan aku menjadi orang Kristen!"
  • 1 Petrus 4:16 "Tetapi, jika ia menderita sebagai orang Kristen, maka janganlah ia malu, melainkan hendaklah ia memuliakan Allah dalam nama Kristus itu."

Menurut opini yang beredar secara lisan bahwa sebutan Kristen pada masa itu adalah merupakan suatu ejekan bagi orang-orang yang menjadi pengikut Kristus. Terlepas dari opini teserbut bahwa kata Kristen dalam bahasa yunani yakni Kristanos (χριστιανος), selanjutnya kata Kristen berasal dari kata Kristus yakni Khristós (Χριστός), dan kata Kristus adalah nama kedua Yesus Kristus maka dapat diartikan bahwa Kristen itu adalah Pengikut Yesus Kristus.

Jadi orang-orang yang menganut agama Kristen itu dapat disimpulkan adalah pengikut-pengikut Kristus. Namun di masa kini arti Kristen tidak lagi sekedar hanya pengikut Kristus tapi menjadi sebuah aliran besar yakni Kristen Protestan. Artinya Kristen adalah Pengikut Kristus beraliran Kristen yang dalam hal ini didominasi oleh protestan.

Lalu bagaimana dengan Katolik? Apakah Katolik juga Kristen? Ya, penganut Katolik tetaplah Kristen karena orang Katolik adalah juga pengikut Kristus, namun Katolik bukanlah juga Kristen. Jadi Katolik adalah Kristen (sifat) tapi bukan Kristen (agama), yang artinya penganut Katolik adalah pengikut Kristus tapi bukan penganut agama Kristen.

Jadi makna Kristen ada dua yakni Kristen sebagai Pengikut Kristus dan Kristen sebagai agama.

Semoga Bermanfaat dan Terima kasih.

Comments
0 Comments
No comments:
Write Isi Komentar Baru

Mohon komentarnya dengan tidak memuat komentar yang berunsur SARA, Pornografi dan hal-hal yang tidak sesusai dengan aturan/norma yang berlaku. Terima kasih dan salam sejahtera.


Pengunjung

Flag Counter