SALURAN IMAJINASI DAN INSPIRASI (AKU ADALAH PENCIPTA LAGU)

Written By B. Marada Hutagalung on 04 Februari 2008 | 2/04/2008 02:46:00 PM

PENGERTIAN

Sebelum kita membahas topik ini, ada baiknya kita memahami pengertian imajinasi dan isnpirasi secara umum.

Imajinasi secara umum, adalah kekuatan atau proses menghasilkan citra mental dan ide.

Istilah ini secara teknis dipakai dalam psikologi sebagai proses membangun kembali persepsi dari suatu benda yang terlebih dahulu diberi persepsi pengertian. Sejak penggunaan istilah ini bertentangan dengan yang dipunyai bahasa biasa, beberapa psikolog lebih menyebut proses ini sebagai "menggambarkan" atau "gambaran" atau sebagai suatu reproduksi yang bertentangan dengan imajinasi "produktif" atau "konstruktif".
Gambaran citra dimengerti sebagai sesuatu yang dilihat oleh "mata pikiran". Suatu hipotesis untuk evolusi imajinasi manusia ialah bahwa hal itu memperbolehkan setiap makhluk yang sadar untuk memecahkan masalah (dan oleh karena itu meningkatkan fitnes) perseorangan oleh penggunaan simulasi jiwa. (http://id.wikipedia.org/wiki/Imajinasi)

Imajinasi adalah berbeda dengan Inspirasi tetapi tidak begitu signifikan perbedaannya. Kenapa karena imajinasi sangat berhubungan erat dengan inspirasi. Perbedaannya adalah imajinasi itu datang dengan sendirinya secara tiba-tiba yang tidak kita rencanakan tetapi masih dalam alam sadar kita dan dapat kita nyatakan dalam kehidupan kita (tampaknya seolah-olah sama dengan hayalan, tetapi imajinasi bukanlah hayalan, karena hayalan itu adalah sebuah pikiran yang ada dalam alam bawah sadar kita dan tak bisa kita gambarkan dalam kehidupan kita sehari-hari, dan itu bisa membuat jiwa kita terganggu bila itu terus berlarut-larut tanpa ada kendali dari diri sendiri dan orang lain); sedangkan inspirasi adalah sebuah ide, suatu karya yang sudah kita rencanakan. 


Hubungan kedua tersebut adalah bahwa inspirasi merupakan pengembangan dari imajinasi itu sendiri. semisal, tanpa kita duga dan tanpa kita rencanakan kita bisa membuat sebuah pikiran/karya, contohnya Puisi. Nah, yang menjadi imajinasi adalah puisi itu yang penuh dengan gaya bahasa yang berasal dari penglihatan kita dan kita buat seindah mungkin. Dan yang menjadi inspirasinya adalah makna dari pada bahasa puisi itu sendiri yang kita rencanakan akan membuat orang terpengaruh terhadapnya. Lebih ringkasnya, imajinasi adalah ide/karya yang muncul tanpa kita duga, dan setelah ide/karya itu ada maka kita berencana untuk menyampaikan sesuatu hal.

PEMBAHASAN
Kelihatannya topik ini adalah karya ilmiah, akan tetapi tidak juga. Namun, ini bukan hanya tulisan biasa. Ini merupakan karya tulisan semi ilmiah.

Hal yang paling sulit dalam pikiran kita adalah bagaimana cara menyalurkan imajanasi dan inspirasi kita tersebut. Keduanya sudah tercipta, tetapi tidak tersalurkan. Ada orang-orang tertentu menyalurkannya melalui rekaman (cth: lagu), melalui koran/majalah/buku (cth.: opini, artikel, karya tulis, dll), dan masih banyak lagi. Bagaimana dengan anda...?

Saya sendiri menyalurkan apa yang telah saya imajinasikan dan inspirasikan terkadang saya gunakan hanya kepuasan sendiri. Kenapa? Banyak hal yang harus kita perhatikan, yakni kita harus memiliki beberapa pendukung dari berbagai hal, dan untuk mencari itu kita harus berkorban dalam segala hal.

Aku adalah pencipta lagu...! Sepertinya kalimat ini mengclaim diri sendiri sudah merasa hebat...! Jujur saja, aku memang mengclaim diri sendiri sebagai pencipta lagu atau lebih kerennya disebut "Componis/composer". Apa yang membuat saya berpernyataan seperti itu? Tidak begitu sulit untuk membuktikan. Pada tahun sebelumnya sampai sekarang saya sudah sering menciptakan lagu. Namun masih sebatas lagu rohani dalam bentuk koor yang tuliskan dalam kertas dan saya berikan kepada beberapa gereja (lihat di situs
maradagv.blogspot.com). Tapi jangan salah, saya juga bisa membuat lagu lainnya...! Persoalannya saya sulit untuk menyalurkannya, maka dengan cara menciptakan lagu rohani dalam bentuk koor sangat mudah menyebar. Bagaimana dengan rekaman? Nah, ini yang sulit...! Bukan persoalan bagaimana cara merekamnya, tapi siapa yang mau merekam dan mempublikasikannya. Itulah cita-cita saya...! Yah, memang sih saya sudah merekam beberapa lagu. Maklum aja, suara saya kurang bagus karena tidak terencana dengan baik dan tergganggu oleh kesibukan lain), apalagi studio rekaman saya masih bersifat manual dan sangat sederhana sekali (lihat di situs maradagv.blogspot.com).

Cara lain, saya menyalurkannya melalui internet (pada situs ini juga). Mudah-mudahan ada yang mau menjadi sponsor saya. Namun, bilapun tak ada sponsor saya akan tetap dan tidak akan berhenti berkarya untuk semua orang dan terlebih kepada Tuhan.

Blog ini saya buat bukan hanya untuk diri saya, tetapi juga memotifasi saudara/i sekalian untuk tetap berkarya sekalipun tidak ada yang mensponsori atau mendukung. Ingat, karyamu harus berguna untuk semua dan merusak...!

Kepada saudara/i, apakah ada cara lain untuk menyalurkan imajinasi dan inspirasi kita....? Dengan penuh hormat, saya memohon saudara/i memberi komentar dan memberi saran dan kritik yang membangun terhadap blog ini, termasuk situs saya ini.

"Sekian dan Terima Kasih!!!"

0 Isi Komentar Baru:

Posting Komentar

Mohon komentarnya dengan tidak memuat komentar yang berunsur SARA, Pornografi dan hal-hal yang tidak sesusai dengan aturan/norma yang berlaku. Terima kasih dan salam sejahtera.