28 May 2014

Font Aksara Batak Toba Baru Untuk Komputer



Puji Tuhan saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena atas berkat dan karunia-Nyalah saya berhasil memperbaharui Font/Huruf Aksara Batak Toba yang dibuat oleh Uly Kozok sebelumnya.

Dalam hal ini saya memperbaharui kekurangan Font yang diciptakan oleh beliau dan semua itu adalah untuk menjaga dan mempertahankan budaya kita.

Telah disediakan dua file, satu file Font dan satu file Cara pengetikan.

Silahkan unduh Dokumen Tutorial Penggunaannya dan Fon Aksara Batak Toba:
 


CATATAN: Font ini bisa digunakan di komputer berbasis Linux dan Machintos, namun rumit cara instalnya, cara mudah salin terlebih dahulu fontnya ke komputer Linux/Machintos, klik font tersebut lalu klik tulisan instal.



Marilah kita menjaga, memelihara dan mempertahankan budaya kita.

HORAS!

Comments
3 Comments
3 comments:
Write Isi Komentar Baru
  1. Horas amang..
    Saya sangat gembira dengan adanya pembahasan aksara batak ini. Tapi dari sumber lain (https://www.facebook.com/notes/bahasa-batak/belajar-cepat-menulis-dan-membaca-aksara-batak-toba/463856909504) yang ditulis oleh Bpk Bungaran Simanjuntak, jelas ada perbedaan aksara batak untuk penulisan kata Ompung. Mohon pencerahannya...
    Mauliate

    ReplyDelete
  2. @Kalangie2015: Ya, pasti ada perbedaan. Tapi sebenarnya hanya sedikit yang berbeda.

    ReplyDelete
  3. Horas...mauliate ma dihamu ala nga di patupa hamu amang nadenggan laho pamajuhon halak batak on. ajarhononton ma on tu pinompar asa unang mago pustaha batak hi alani hamajuon ni jaman on, molo boi tatiruma halak sina i nasai tongtong mamangke suratna dohot bahasana manang tu dia pe lao. horas...horas...horas....

    ReplyDelete

Mohon komentarnya dengan tidak memuat komentar yang berunsur SARA, Pornografi dan hal-hal yang tidak sesusai dengan aturan/norma yang berlaku. Terima kasih dan salam sejahtera.


Pengunjung

Flag Counter