Profil Sekolah Bibelvrow HKBP Laguboti

Written By B. Marada Hutagalung on 08 November 2011 | 11/08/2011 06:24:00 PM


Sekolah Bibelvrouw HKBP Laguboti berlokasi di Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba Samosir, Propinsi Sumatera Utara, merupakan salah satu dari peguruan tinggi milik HKBP.


Sejarah Sekolah Bibelvrouw HKBP

Sekolah Bibelvrouw HKBP berdiri pada tahun 1934, di Kutacane, Tanah Alas, di Narumonda yang dipimpin oleh Zuster Elfrieda Harder, dan pada tahun 1938 dipindahkan ke Laguboti, Kabupaten Toba Samosir, Propinsi Sumatera Utara.

Pada tahun 1935 merupakan penahbisan Bibelvrouw HKBP Pertama.

Pada tanggal 9 April 1965 Asrama Bibelvrouw di Sinaksak Pematangsiantar dimulai pemakaiannya, dan diresmikan pada tanggal 9 Juli 1967.

Pada tahun 2008 adalah Peletakan Batu Pertama Pembangun Perpustakaan Sekolah Bibelvrouw HKBP Laguboti.

Direktur Sekolah Bibelvrouw sekarang (2011) adalah Pdt. Ebsan B. Hutabarat, M.Th


Pengertian, Fungsi Bibelvrouw dan Kurikulumnya

Bibelvrouw berasal dari dua kata yakni Bibel dan Vrouw (bahasa Belanda), yaitu perempuan yang mengajar Alkitab, atau pengertian lain adalah Penginjil Wanita.

Sesuai dengan pengertiannya, Bibelvrouw berfungsi sebagai Penginjil Wanita yang siap melayani para jemaat dalam bidang kerohanian dan siap membantu pekerjaan pendeta dan pelayan gereja.

Mahasiswi Sekolah Bibelvrouw HKBP Laguboti juga mempelajari ilmu teologi seperti Sekolah Tinggi Teologi, namun lebih mengutamakan teologi pratika yakni penginjilan, pembinaan, dan lain sebagainya, sedangkan jenjang pendidikannya setara dengan Diploma III (D.III).

Refrensi :

0 Isi Komentar Baru:

Posting Komentar

Mohon komentarnya dengan tidak memuat komentar yang berunsur SARA, Pornografi dan hal-hal yang tidak sesusai dengan aturan/norma yang berlaku. Terima kasih dan salam sejahtera.