16 April 2008

Hoping and Reaching The Ambition (terjemahan)


Hoping and Reaching The Ambition

I am me, indeed I’m me, not other people. Course, the self of me has dream or ambition alike other people have it.

In the next future, I would not know yet what would I to be. I stay doing many efforts to be a good man or to be able the good future. I don’t want to be a bad man in the next future. Are there men want to be the mad men in their future later? I think no all the men want to be. Included my self.

I’m sure all the men in the world own the talent in their selves. But much people aren’t a few of them are not understand how the way to advance their talents. No the human beings who was born in the world have no talent. Whole the human being was born certainly have the talent. But the way to advance it only we’re confused.

Hoping and reaching the ambition is alike to reach the star in the sky. Sometimes I think how to reach the star in the sky while the cloud in the blue sky can not be reached. Indeed, hoping and reaching the ambition must be ready for willing to sacrifice or ready for suffering. Very hard, because I must struggle to do my aim.

I hope the God to capable me for walking on the street have fire, thorn, and steep; I hope the God to capable my self for facing the thorm and wave when I’m sailing to reach the ambition.

O my God, help me…., please…!
----------------------------
Indonesia

Pengharapan dan Pencapaian Cita-cita
Saya adalah saya, memang saya adalah saya, bukan orang lain. Tentu secara pribadi saya memiliki mimpi atau pun cita-cita sama seperti orang lain. Di masa yang akan datang, saya belum bisa mengetahui akan menjadi apakah saya ini. Saya tetap melakukan banyak usaha untuk menjadi orang yang baik atau mendapatkan masa depan yang cerah. Saya tidak ingin menjadi orang yang buruk (secara perilaku) di masa yang akan datang. Adakah orang ingin menjadi manusia edan di masa depannya? Saya pikir tidak satupun orang ingin menjadi seperti itu. Termasuk pribadi saya. Saya yakin bawah semua orang di dunia ini memiliki talenta masing-masing. Tetapi banyak orang yang (tidak sedikit) tidak mengerti bagaimana cara mengembangkan talentanya. Tidak satupun manusia lahir ke dunia ini dengan tidak memiliki talenta. Semua manusia lahir dilahirkan dengan memiliki talenta tertentu. Tetapi, kita bingung bagaimana cara pengembanganya. Pengharapan dan pencapaian cita-cita adalah seperti meraih bintang di langit. Terkadang saya berpikir bagaimana meraih bintang di langit sedangkan awan saja tak bisa kita raih. Memang pengharapan dan pecapaian cita-cita haruslah siap untuk rela berkorban atau siap untuk menderita. Sangat sulit, karena saya harus berjuang untuk melakukan tujuan saya. Saya berharap kepada Tuhan agar memampukan saya di saat saat saya berjalan di atas jalan yang berapi, berduri dan terjal; saya berharap Tuhan memampukan diri saya untuk menghadapi badai dan ombak di saat saya sedang berlayar untuk mencapai cita-cita. Ya Tuhan, mohon pertolonganmu....!
------------
Batak Toba
Panghirimon dohot Mandopothon Sinta Ni Roha

Ahu i ma ahu, jala ahu memang ahu, ndada halak na asing. Tontu sahali ahu secara pribadi nampuna nipi manang sinta-sinta sarupa songon halak na asing. Tu na naeng ro, ndang boi do pe au mamboto gabe songong dia ma au annon. Alai, tontong do au marulaon laho gabe halak na denggan manang mandapothon ari na denggan tu na naeng ro. Ndada lomo roha gabe jolma na ramun di ari na naeng ro. Adong do jolma olo gabe jolma na maroha so denggan? Huroha, sada pe ndang adong na olo gabe songon i. Termasuk au sandiri. Pos do rohanghu sude jolma na di portibi on adong talentana ganup marsadasada. Alai ndang godang na mamboto songon dia laho mengembanghon talentana. Ndada adong jolma tubu tu portibi on ndang martalenta. Alai hita sandiri hurang mamboto songon dia do laho mengembanghon. Panghirimon dohot mandopothon sinta ni roha i ma tarsongon mandapothon bintang na di langit. Alai sipata ahu marpingkir boha do mandapothon bintang na di langit sedangkan ombun ndada boi tadapothon. Tontu ingkon rade do hita berkorban manang rade manghilala parsorian di na laho mandapothon i. Memang maol do, ala au ingkon berusaha mangulahon na hinirim i. Manghirim do au tu Debata asa dilehon gogo tu au laho mardalan di atas tano na marapi, marsuga nang dalan na sega; manghirim do au tu Debata asa dilehon gogo di au laho mangadopi halisungsung dohot aek na balga di tingki au laho madapothon sinta ni roha i. O Tuhan, urupi ma au....!

Mohon maaf, terjemahan bahasa Batak Toba kurang bagus sebab menerjemahkan bahasa Indonesia (lain) ke bahasa Batak Toba adalah lebih sulit dari pada menerjemahkan Bahasa Batak Toba ke bahasa Indonesia (lain).


Comments
0 Comments
No comments:
Write Isi Komentar Baru

Mohon komentarnya dengan tidak memuat komentar yang berunsur SARA, Pornografi dan hal-hal yang tidak sesusai dengan aturan/norma yang berlaku. Terima kasih dan salam sejahtera.


Pengunjung

Flag Counter